Sabtu, 14 Mei 2011

skip to main | skip to sidebar
ROHIS SMA 6 Semarang

Minggu, 13 Juli 2008


ini dia cover Iltizam edisi spesial.....

makin keren kan....!!!!

ILTIZAM spesial
Edisi 34

sapa multazam

Welcome to X class

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah, segala puji syukur selalu qta panjatkan kepada Allah I karena atas kehendak-Nya qta masih diberi kesempatan untuk menapakkan kaki di SMA 6 Semarang. Syukur pula, qta masih dapat melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi, yang mana, banyak dari saudara qta yang harus berhenti sekolah karena bermacam persoalan yang menimpa mereka. Ada yang karena biaya, ada yang karena sakit kronis sehingga harus berhenti beraktivitas, dan lain sebagainya.
Sholawat serta salam tak lupa selalu qta junjungkan kepada suri tauladan qta Rasulullah Muhammad r yang karena jasa beliau manusia selamat dari zaman kebodohan. Dapat qta bayangkan jika tanpa beliau, tidak akan pernah lahir penemu-penemu ilmu pengetahuan yang menjadi rujukan orang barat dalam menciptakan alat-alat teknologi hingga saat ini. Sifat, sikap, kepribadian dan pola pikir beliaulah yang selalu menuntun qta tetap dalam kebenaran.
Adik-adik siswa baru,selamat ya ! Sekarang bajunya udah ganti gitoe loh… ( kalo yang jahitannya belum jadi, sabar ya…). Untuk yang naik kelas selamat juga ya! Jangan lupa ucapin syukur dulu donk : Alhamdulillah… . bagus, sekarang kamu perlu tau sekolah kamu adalah SMA 6 Semarang. Istilah kerennya “SMANSIX” jangan lupa catet di buku (penting tu!). SMA 6 Semarang banyak prestasinya lho… gak cuma intraskul-nya aja tapi ekstra-nya lebih hebat lagi. Udah banyak putra-putri SMA 6 Semarang yang menorehkan tinta emas di kancah kompetisi tingkat kota bahkan sampai nasional,. Wuiiiih asik ik.
Makanya jangan nyesel udah ketrima di sini. Ntar bakal banyak banget kisah-kisah hidup yang berkesan bakal qta alami di masa SMA ini. Sekarang cara pandang qta harus berubah. Udah gak jamannya cengeng kayak dulu lagi, udah gak jamannya minta sana-sini sama ortu lagi. Sekarang waktunya untuk siswa-siswi kelas X menjadi sesosok yang baru, sosok dewasa yang udah bisa memikirkan bagaimana masa depan diri masing2.
Btw, sebagai orang Islam qta mustinya sadar kalo qta ni hidup cuma sekali. Betul? makanya jangan disia-siakan apalagi kalo masih muda. Apa qta mau nekat, hidup cuma sekali kemudian masuk N-E-R-A-K-A ? jawab sendiri-sendiri. Terlebih pergaulan bebas dan narkoba marak di kalangan SMA. ‘Blaiiik!!’. Oleh karena itulah qta butuh benteng. Yaitu apa? ‘Keimanan’ …. pinter.
Qta, ROHIS mau ngenalin diri, boleh kan? apa itu ? ‘Rohani Islam’… pinter lagi. Tapi jangan dipikir kegiatan qta cuma ngaji, baca quran dan solawatan thox. Kegiatan Rohis justru bikin qta having fun plus meningkatkan kesehatan jasmani dan kekuatan ruhani. Contoh : Futsal, Rujax party, camping, tracking, belajar bareng, nonton bareng, bakar jagung dan laen2. Seru kan ?
Di saat-saat sekolah, bakal banyak banget masalah yang qta hadapin. Oleh karena itu, segala macam masalah qta nantinya jangan cuma dipendam dan dilampiasin ke hal-hal yang ngawur, tapi bisa kok qta jernihkan dengan sentuhan hati dan ruhani, di mana? ‘ya… di ROHIS ini’. Insya Allah hasilnya jauh lebih menyenangkan dan menenangkan daripada kumpul2 nampang doank gak ada tujuan..
Alhamdulillah, qta anak rohis insya Allah juga gak cuma pinter di agamanya aja kok, dalam nilai akademis qta gak kalah jago lho. Walaupun sibuk organisasi, kami tetep punya prioritas untuk belajar dan Alhamdulillah lagi selalu ditolong Allah untuk memperoleh nilai yang baik. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada bapak-ibu guru yang telah memberikan kepercayaan kepada anggota rohis untuk mewakili SMA 6 tercinta dalam perlombaan-perlombaan ditingkat SMA. Dan atas doa semuanya alumni rohis banyak juga yang diterima di perguruan tinggi favorit.
Yakinlah temanku semua, disaat pikiran kacau, hati risau, dan perasaaan galau, cuman Allah I sajalah yang dapat memberikan jalan keluar. Semua masalah qta sudah ada pemecahannya dalam Islam, tinggal bagaimana qta menggali dan mendalaminya. Kami tunggu kehadiran kamu2 semua di Masjid Ash-Shomad SMA 6 Semarang untuk bareng-bareng menanam pahala di jalan Allah.
Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.
“INGAT ! ROHIS BUKAN TEMPATNYA ORANG ALIM,
TAPI TEMPATNYA ORANG YANG MAU JADI ALIM”



Apa sich beda malu dengan gengsi??

Setiap manusia pasti mempunyai sifat malu. Beda kalo urat syaraf malunya sudah putus, berarti dia sudah gila bin edan, atau paling2 agak miring kurang dari 100%. Nah kenapa manusia mempunyai sifat malu? Karena manusia dikaruniai Allah I akal dan hati nurani yang berguna untuk mempertimbangkan sikap baik dan buruk, serta perasaan yang berfungsi untuk memahami keadaan berdasarkan kodratnya sebagai manusia.
Terus apa tow beda malu dengan gengsi?? Kalo malu itu terkait dengan hal-hal baik, sementara gengsi itu timbul lebih banyak disebabkan dari sifat-sifat angkuh seseorang. Misalnya kamu benar-benar punya salah sama teman kamu dan kamu merasa berat untuk minta maaf duluan karena merasa lebih pintar, lebih kaya, atau kelebihan lain yang kamu banggakan. Itu namanya kamu gengsi bukannya malu.

Bagaimana malu yang wajar??
Bagaimana kalo rasa malunya kebangetan? Wah, tentunya malah malu-maluin dong! Kamu punya cukup kadar malu dan masih dalam ambang wajar jika:
1. Merasa nggak enak bila harus ngomong teriak-teriak sementara yang laen pada diem semua.
2. Merasa cukup pucat bila nggak nyambung alias tulalit saat diajak ngomong atau ditanya teman maupun guru kamu sendiri.
3. Merasa salah tingkah bila apa yang kamu kenakan nggak cocok sama sekali buat kamu.
4. Merasa lebih baik jadi kodok apabila ketahuan ngibul, nyontek atau melakukan kesalahan yang nggak pantas dilakukan
Untuk yang ini kamu boleh menambahinya sendiri asalkan nggak kelewatan.
Kalau ini terjadi padamu berarti kamu setidaknya sudah memiliki rasa malu bukan berarti malah kamu yang malu-maluin justru seharusnya kita memiliki rasa malu yang seperti ini.

Ini baru yang aneh??
Adakalanya juga tiba-tiba ada rasa malu yang 'aneh' dalam diri kamu. Biasanya hal ini terjadi bila kamu merasa tidak nyaman pada suatu kondisi tertentu. Example:
1. Ketika harus mengenalkan diri di depan orang banyak yang sebelumnya belum kamu kenal. Bawaannya keluar keringat sebiji jagung deh..!
2. Ketika akan menjawab pertanyaan guru atau seseorang yang kamu segani, padahal kamu yakin banget kalau jawaban kamu benar.
3. Kalau mau menyatakan suatu kebenaran yang kamu yakini, tapi kamu jadi malu karena ngebayangin bakal dicela orang-orang di sekitar kamu.
4. Jika akan menjelaskan apa yang telah kamu lakukan, apalagi kalau urusannya adalah mengakui kesalahan kamu.

Kiat memerangi rasa malu yang nggak wajar!
Ada beberapa cara agar kita bisa memerangi rasa malu tadi, tapi semuanya itu harus dimulai dari diri sendiri dan bahkan harus latihan dulu lho…! Caranya antara lain sebagai berikut:
1. Belajar terbuka, maksudnya belajar mengutarakan apa yang ada dalam benakmu (curhat), mulailah dari orang mnterdekatmu.
2. Catat apa yang membuat rasa malu itu sering timbul dan segeralah cari penyelesaiannya dengan cara mencoba mnmelakukannya
3. Anggap semua orang itu sama dalam artian setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan manfaatkanlah apa yang menjadi kelebihanmu itu.
4. Bangun karakter dirimu sendiri. Dalam pembangunan karaktermu itu perlu suatu proses, oleh karena itu kamu harus mengenali sifat pribadimu yang menjadikan karaktermu.
5. Teruslah belajar tentang apa yang baik (haq) dan buruk (batil). Makin banyak kamu tau makin lengkap pemahaman kamu tentang malu itu sendiri !!
Nah tunggu apalagi? Masih malu-maluin juga? Udah deh sekarang waktunya kamu menghias diri dengan malu yang sewajarnya dan membuang malu yang nggak pada tempatnya…

Etika
Etika Berbicara

1. Hendaknya pembicaraan selalu di dalam kebaikan
Allah I berfirman yang artinya:
“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah atau berbuat ma'ruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia” (QS. An- Nisa : 114)
2. Jangan memperbincangkan sesuatu yang tidak berguna bagimu.
Hadis Rasullulah r menyatakan:
“Termasuk kebaikan Islamnya seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).
3. Janganlah kamu membicarakan semua apa yang kamu dengar
Abu Hurairah t didalam hadisnya menuturka, Rasulullah saw telah bersabda,
“Cukuplah menjadi suatu dosa bagi seseorang yaitu apabila ia membicarakan semua apa yang mereka dengar” (HR. Muslim)
4. Menghindari perdebatan dan saling membantah.
Sekalipun kamu berada di pihak yang benar dan menjauhi perkataan dusta sekalipun bercanda. Rasulullah r bersabda,
“Aku adalah (penjamin) sebuah istana di taman surga bagi siapa saja yang menghindari pertikaian (perdebatan) sekalipun ia benar; dan (penjamin) istana di tengah-tengah surga bagi siapa saja yang meninggalkan dusta sekalipun bercanda.”
(HR. Abu Daud dan dinilai hasan oleh Al-Albani).
5. Tenang dalam berbicara dan tidak tergesa-gesa
Aisyah Radliyallahu ‘Anha telah menuturkan,
“Sesungguhnya Nabi r apabila membicarakan suatu pembicaraan, sekiranya ada orang yang menghitungnya , niscaya ia dapat menghitungnya.” (HR. Muttafaqun 'alaih)
6. Menghindari perkataan jorok (keji)
Rasulullah r bersabda,
“Seorang mukmin itu tidak pencela atau pengutuk atau keji pembicaraannya.”
(HR. Al-Bukhari dalam Al-Abab Mufrad dan dishahihkan oleh Al-Albani)
7. Menghindari sikap memaksakan diri dan banyak bicara.
Di dalam hadits Jabir t disebutkan,
”Dan sesungguhnya manusia yang paling aku benci dan yang paling jauh dariku di hari kiamat kelak adalah orang yang banyak bicara, orang-orang yang berpura-pura fasih dan orang-orang yang mutafaihikun.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah apa arti mutafaihikun?” Nabi menjawab : “Orang-orang yang sombong.”
(HR. At-Tirmidzi, dinilai hasan oleh Al-Albani).
8. Menghindari perbuatan mengunjing (ghibah) dan mengadu domba.
Allah I berfirman yang artinya,
“Dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain.” (QS. Al-Hujurat:12)
9. Menghindari sikap mengejek, memperolok-olok dan memandang rendah orang yang berbicara
Allah swt berfirman yang artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita yang lain (karena) boleh jadi wanita (yang diperolok-olok) lebih baik dari wanita (mengolok-olok).” (QS. Al-Hujurat : 11).
Jadi, hati-hati yuk kalo mo bicara. Pake Rumus “Bicaralah hal yang penting”, tidak “Yang penting Bicara”. SETUJU!!

tips
Sukses di Smansix

Melewati hari-hari PPD dan MOS di SMA 6 capek yach?? Tapi capek yang qta rasakan jangan ampe melemahkan semangat kita, okey? Nich, qta punya tips-tips yang bisa kamu-kamu lakukan dalam menghadapi dunia baru, dunia SMA gtu...
1. Jaga Diri
Kenapa jaga diri? Karena status kalian sekarang adalah murid SMA gtu loh, so kalian ga'mau kan klo disebut 'anak kecil' atau mungkin 'anak kemarin sore'. Jadi, dalam menghadapi lingkungan yang baru, bahkan asing menurutmu, pintar-pintarlah menjaga diri, yang terpenting menjaga diri dari pengaruh-pengaruh buruk lingkungan barumu. Seperti narkoba, rokok, 'gombal warning', dll.
2. Luaskan Pergaulan
Dengan kata lain perbanyak temen. Seperti kata pepatah ,”Lebih baik punya seribu temen daripada 1 orang musuh”. Jadi, pilih mana, banyak temen ato musuh? Ya iyalah pastinya kalian ga' akan milih yang kedua kan? Eh,... tapi pengertian mencari banyak temen jangan disalah artikan lho. Mencari temenpun qta harus selektif, jangan asal 'nyomot' temen. Kita harus pintar-pintar memilih temen, mana temen yang baik bwt qta ato sebaliknya.
3. Kenali Lingkungan
Jelaslah, lingkungan merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat mempengaruhi perilaku qta. Nah... intinya kalian harus mengenali betul organisasi/ ekstrakurikuler yang akan kalian pilih. Pilihlah organisasi yang jelas juntrungnya, bukan 'Organisasi Bawah tanah' (apa coba?). Tapi klo nanti kalian sibuk di organisasi, jangan lupa belajar yach!!
Mungkin itu beberapa tips dari Rohis dalam menghadapi lingkungan baru. Semoga bermanfaat dan dapat kalian terapkan ya! Selamat Mencoba!

Ta’aruf (kenalan)
Kenalin!! Rohis divisi An Nissa (cewek)

Apa kabar saudari muda tercinta? Smoga Rahmat Allah selalu tercurah buat kalian. Ini nich qta mau PDKT. Penddikan Dasar Ketrampilan Terpadu? Jelas bukan..., qta mo PDKT (Pendekatan) ma kalian. Dah tau ROHIS kan? Nah qta dari Rohis An Nissa (Rohis divisi perempuan, female, women, girls ato mbak-mbak gtu dech) pingin kenalan nich...
Yach, namanya juga remaja, pasti baru seneng-senengnya gaul untuk nambah jam terbang 'n pengalaman. Tul ga'? Buat adek-adek putri yang lagi doyan pergi ke mushola ato yang pingin belajar ngaji ato nich yang lagi pingin berburu pengalaman seru dan belajar berorganisasi. Pokoknya qta punya wadah yang pas buat kamu-kamu. Ya, di sini, di Rohis. Banyak lho... kegiatan yang bisa kamu ikuti di sini selain belajar ilmu agama dan berorganisasi tentunya.
Rohis An Nissa pernah ngadain lomba masak (asyik ga' tuch, girly bgtz kan?), lomba buat puisi, seminar “Proklamasi Cinta”, baksos, ngabuburit dan Outbond yang dah jadi program tahunan Rohis. Tentunya nich, kamu bisa ngadain acara2 dengan inovasi2 baru yang lebih fun 'n fresh.
Rohis An Nissa juga bisa jadi tempatmu cari temen untuk curhat dan bertukar PR, eh bukan... maksudnya PikiRan. Kamu juga bisa ikut “Ta'lim” yang diadakan tiap minggunya to menambah pemahaman akan Islam yang pastinya manfaat bgtz dech. Pas Ta'lim kamu bebas nanya atau curhat ttg Fiqih Wanita (masalah2 kewanitaan) ama mbak-mbaknya yang ngisi ta'lim. Dijamin fun dech!.
Pengalaman bisa kamu raup saat ikut dalam kepanitiaan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). Nach, biar lebih jelas... lihat aja “MODIS” Mading Rohis An Nissa SMA 6 yang dipasang di serambi kiri masjid Ash-Shomad. Di sana kamu bisa tahu banyak ttg rohis An Nissa plus lihat foto-foto kegiatan Rohis yang seru yang dapat kalian alami juga saat gabung dengan Rohis.
At last, “Salah pilih temen, bisa berabe. Salah pilih lingkungan bakalan rusak kita punya masa depan. Pokoknya dalam segala hal qta ga' boleh salah pilih. Islam mengajarkan agar qta mencari yang terbaik untuk dunia 'n akhirat.”
Yuuk, udah saatnya ngebuktiin klo remaja muslimah itu ga' letoy, lemot, ato fakir prestasi. Wuayooo...!!! daftarin diri kamu di Rohis, jangan sampai ketinggalan kegiatan2 serunya yach!
NB: Rohis bukan tempat orang2 alim, Rohis juga bukan tempat mereka yang berkerudung aja, Tapi Rohis adalah tempat mereka yang ingin mencari jati diri.
By Rohis An Nissa

tips
Yuk Cari temen...!!

Assalamu'alaikum adek2 sekali lagi kami ucapin slamet dateng di Smansix. Gmana? Sudah bisa adaptasi apa belum? Soalnya di lingkungan baru ini kamu pasti nemuin banyak hal baru, mulai dari seragam baru sampai menu di kantin, dan juga, selalu ada banyak teman baru pastinya .
Mengenai seragam dan menu di kantin, kami yuakin 100 %, kalian pasti bisa adaptasi. Tapi, untuk soal temen, kalian pasti bingung gimana biar bisa dapat buanyak temen, tapi temen yang bukan sembarang temen. Maksudnya temen yang bisa ngajak kepada hal2 yang baik dan juga bisa memacu prestasi kamu di bidang akademi.
Untuk soal ini, kami (tim iltizam) punya solusi buat kamu tuk ngenalin temen yang kayak gitu. Caranya mudah kok, kamu cari aja orang yang rajin sholat, kami yakin orang itu bisa jadi temen impian kamu. Orang yang rajin sholat biasanya berakhlaq baik dan juga pintar. Kalo ga' percaya... simak baik-baik penjelasan kami.
Allah I berfirman, “Sesungguhnya, sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.” (QS. Al-Ankabut : 45). Dari ayat ini telah jelas artinya, jadi rasanya sangat mustahil, seandainya qta punya temen yang rajin sholat tapi malah ngajak maksiat. So kamu ga' perlu khawatir ama anak yang rajin sholat, karena dia ga' mungkin ngajak kamu mbentuk geng kayak geng NERO maupun geng kacau. Kemudian penjelesan kami yang kedua, menurut sebuah penelitian, ditemukan fakta bahwa orang yang sering sujud (sholat) otaknya lebih 'top cer' alias pinter. Pasalnya, ketika seorang sujud maka darah yang mengalir ke otak menjadi lebih banyak, otomatis suplai sari2 makanan dan oksigen yang didapat otakpun jadi lebih banyak. Oleh sebab itu, kamu semua jangan heran bahwa bapak ilmu kedokteran dunia adalah orang Islam (Ibnu Sinai, bukunya menjadi induk ilmu kedokteran modern) dan penemu al-jabar dan angka nol pun adalah orang Islam juga yakni Al-Khawarismi. So, rajin-rajinlah ke masjid Ash-Shomad, masjidnya anak-anak SMA 6 karena di sana kamu bakal nemuin banyak temen kayak gitu, yaitu temen yang baik untuk akhirat kamu (karena dengan akhlaq mereka dapat membantu kita menggapai surga) dan juga temen yang baik untuk dunia (karena dengan kepandaian mereka dapat membantu qta meraih prestasi). Wallahu a'lam
by arisan (anak rohis SMA 6)

risalah antum
kirimkan saran, kritik, petanyaan, dan kamut Antum ke redaksi Iltizam SMS ke : 0856 4078 3316 email : rohis_smansix@plasa.com ato pengurus Rohis terdekatmu
Hukum Menggambar

Pertanyaan:
1. Apakah benar menggambar haram hukumnya?
2. Adakah menggambar yang diperbolehkan?
3. Bagaimana hukum mengambil gambar dengan kamera/ foto?

1. Berdasarkan banyak riwayat, Islam melarang kita untuk menggambar makhluk hidup. Imam Adz-Dzahabi (lahir 1274 M) memasukkan menggambar dan melukis makhluk hidup sebagai salah satu dosa besar di dalam lingkaran 70 dosa besar. Beberapa dalil yang melarang dan mengancam pelakunya antara lain:
'Aisyah Radhiyallahu 'anha berkata, “Ketika Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pulang dari suatu perjalanan, beliau datang menemuiku. Sebelumnya aku telah memasang tirai pada lubang angin di tembok berupa kain tipis yang bergambar. Ketika beliau melihat kain itu wajah beliau langsung berubah seraya berkata, 'Wahai 'Aisyah, manusia yang paling berat siksanya pada hari kiamat kelak adalah orang-orang yang mencoba menyamai Allah dalam hal menciptakan sesuatu' ”. 'Aisyah melanjutkan, “Maka akupun memotong kain itu dan aku jadikan ia dua buah bantal.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Ibnu Abbas berkata, “Saya mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Semua tukang gambar akan masuk Neraka. Setiap gambar yang dibuatnya akan diberi nyawa dan akan menyiksanya di neraka Jahannam.' ” (HR. Bukhari dan Muslim).
Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Nanti pada hari kiamat akan keluar Unqun (sejenis binatang) dari dalam Neraka, ia berkata, 'Aku diperintahkan untuk (menyiksa) tiga jenis manusia; orang-orang yang menyekutukan Allah dengan sesuatu, penguasa yang kejam lagi bengis, dan tukang-tukang gambar.' “ (HR. Tirmidzi).
Pelarangan ini dikarenakan Allah murka dengan manusia yang berusaha untuk membuat ciptaan seperti ciptaan-Nya. Sebagaimana firman Allah di dalam hadits Qudsi, “Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, ' Siapa yang lebih zhalim dari pada orang yang berusaha membuat ciptaan-Ku!? Maka hendaknya mereka membuat sebutir biji atau sebutir jagung (kalau bisa)!” (HR. Bukhari dan Muslim).
2. Jadi, berdasarkan uraian di atas, gambar yang dilarang adalah gambar makhluk bernyawa. Ada keringanan untuk tumbuh-tumbuhan, karena boleh digambar. Jadi, menggambar yang diperbolehkan adalah menggambar benda mati dan tumbuh-tumbuhan.
3. Mengenai pengambilan gambar dengan kamera/ foto, para ulama mutakhirin (kontemporer) memperbolehkannya, terlebih jika untuk keperluan yang penting atau untuk kemaslahatan umat. Misalnya foto untuk KTP, Kartu Pelajar, SIM, Paspor, dan lain-lain. Sedangkan untuk foto yang tidak ada maslahatnya sebaiknya dihindari. Terlebih jika foto tersebut 'dipajang', karena bertentangan dengan hadits dari Ibunda 'Aisyah di atas dan hadits berikut:
Rasulullah bersabda, “Malaikat (pembawa rahmat) tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya ada anjing atau gambar.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Meskipun demikian, Syaikh Abdul Aziz bin Baz (Anggota Dewan Fatwa Ulama' Arab Saudi) memperbolehkan memajang foto asalkan tidak mengandung unsur pengkultusan atau pemuliaan pada foto yang 'dipajang'.
Jika ingin berhati-hati, maka agar Malaikat pembawa rahmat tetap bersedia masuk ke rumah, hendaknya foto disimpan di album foto. Toh, kita masih bisa melihat-lihatnya juga.
Wallahu a'lam.
Referensi: Al Kabaair (Dosa-Dosa Besar),
karya Imam Syamsuddin Adz-Dzahabi.

Rohah (canda)
Maksud Pak Ustad...?

Ada seoarang remaja yang sedang batuk dan pilek. Suatu ketika ia bertemu dengan seseorang temannya yang juga guru ngaji (pak Ustadz) senior di TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Karena merasa ada kakak yang lebih berpengalaman dalam segala hal si remaja mencoba mengonsultasikan masalahnya,
Remaja : “Mas, katanya kalau sedang batuk pilek nggak boleh mnbvbvnbmakan gorengan dan minum es ya?”
Pak Ustad : “Ah! boleh saja kenapa tidak?”
Remaja : “Lha terus yang tidak boleh apa donk….?”
cDengan gaya khas Ustadz, ia menjawab,” yang tidak boleh itu berani pada orang tua, mencuri, malas belajar dan juga perbuatan dosa lainnya.”
Remaja : “…???”

Rohah (canda)
Bilamana masuk surga...?

Ada seorang Ustadz sedang mengajar ilmu syariat di sebuah kelas. Setelah selesai menyampaikan materinya pak Ustadz bertanya kepada para santri:
Pak Ustadz : “Kalau saya menjual mobil dan rumah saya kemudian saya infakan ke masjid atau yatim piatu, apakah saya bisa masuk surga…?”
Santri : “Tiiidaaak!!!!” jawab santri kompak.
Pak Ustadz : “OK! Kalau saya membersihkan masjid tiap hari dan menjadi imam bagi para jama'ah kemudian saya mengajari orang mengaji, Apakah saya bisa masuk surga…?”
Santi : “Tiiidaaak!!!” jawab santri serempak.
Pak Ustadz : “Lantas Bagaimana saya bisa masuk surga…??”, Tanya Pak Ustadz kebingungan?
“Pak ustadz harus mati dulu baru bisa masuk surga!”, jawab salah seorang santri!.
Pak Ustadz : “….???”

iptek
Mesin Penggerak tubuh : Jantung
Pernahkan kalian memikirkan bagaimana berliter-liter darah beredar tanpa henti naik dan turun di sekujur tubuh? Setiap benda membutuhkan penggerak agar bisa terus bergerak. Mobil, pesawat, kapal motor, dan bahkan mobil-mobilan remote control kalian bergerak dengan motor. Begitu juga, darah yang beredar di sepanjang tubuhpun memerlukan sebuah motor. Motor yang memutar darah kita siang malam selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, adalah jantung kita.
Peganglah urat nadi kalian dan tunggu sebentar. Kalian akan merasakan detak jantung kalian. Jantung kalian berdetak 70 kali dalam semenit, dan memompa sekitar 152 juta liter (40 juta galon) darah sepanjang hidup kalian. Darah sebanyak itu setara dengan minyak yang memenuhi 10.000 mobil tanki. Angka ini tentu mengejutkan bukan? Sekarang misalkan kalian menuangkan secangkir air dari satu ember ke ember lainnya, 70 kali semenit. Akhirnya tentu otot tangan dan pergelangan kalian akan sakit dan kalian perlu beristirahat. Padahal, jantung kalian melakukan tugas seperti ini sepanjang hidup kalian dan tidak pernah beristirahat.


Pompa yang Paling Sempurna

Pompa dengan bentuk paling sempurna di dunia ini sekarang tengah berdetak di bagian kiri dada kalian. Dengan rancangannya yang istimewa dan gerak tak kenal henti, jantung membuat seluruh darah dalam tubuh menyelesaikan 1000 putaran penuh dalam sehari.
Jantung adalah sebuah pompa yang terbuat dari daging, yang kira-kira sama besarnya dengan kepalan tangan kalian. Akan tetapi, jantung jelas-jelas adalah mesin yang terkuat, paling berdaya tahan, dan paling efisien di dunia jika kita melihat kemampuannya. Kita punya banyak alasan untuk mengungkapkan kekuatan jantung ini. Yang terpenting, jantung menggunakan sejumlah besar energi ketika berdetak. Dengan energi yang digunakan oleh jantung, darah bisa diangkat setinggi 3 meter. Mungkin akan membantu jika kita ambil contoh agar bisa dengan mudah memahami kemampuan jantung. Dalam satu jam jantung bisa menghasilkan sejumlah energi yang cukup untuk mengangkat sebuah mobil rata-rata setinggi satu meter di atas tanah.
maroji’: keajaiban di dalam Tubuh kita. Harun Yahya

Lowongan!
dibuka pendaftaran anggota Rohis,
daftar di Masjid Ash-Shomad waktu istirahat
ato ke pengurus Rohis terdekatmu!!
Gratis gitu loh..

Buletin ILTIZAM :: diterbitkan oleh ROHIS SMA 6 Semarang :: penanggung jawab Drs. H Bambang NM. M,Ed :: Penasehat Drs. M. Noor Cholis :: Pimpinan redaksi Adnan AN. :: Staff redaksi Sindu SS, Tri Wulansari, Rifza Hanif :: Sirkulasi Innaya R, Rizal Noor R, Satria Virajati :: Editor Wahyu Mustiko :: Kontributor IKAR :: Lay Out Tri Nug

Kamut


Hadits Qudsi, “Tidak akan suatu perbwatan dikatakan benar jika menghasilkan neraka, dan tidak dikatakan suatu perbwatan adalah salah jika menghasilkan surga” [085640 184 xxx]
Janganlah kamu bertanya Tentang identitas orang, tapi tanyakan siapa teman dekatnYa, sebab tiap teman suka mengikuti orang yang ditemaninYa.” (081542 390xxx)
“Jadilah seperti pohon kurma; tinggi cita-citanya, kebal dari penyakit dan bila dilempar dengan batu ia membalas dengan kurmanya.”
“... Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya kan ditanya (dimintai pertanggung jawabannya)”. (QS. Al-Israa’: 36) ----> [085 726 904 xxx]
Jangan bertanya ‘Apakah hal ini bisa dilakukan?’, tapi tanyakanlah ‘Bagaimana cara melakukannya?’ [08564 1000 xxx]
“Keberhasilan adalah impian kosong jika Qta tidak cabut rasa MINDER dari diri qta”. [Ketua TAPIS ( kegiatan outbond Rohis se-kota Semarang)]
“Apa yang orang lihat dari kesuksesan seseorang adalah 1% dari 99% kegagalan yang dialami orang tersebut. ”.(081326057xxx)
“Seseorang dikatakan b’akhlak baek bila mampu b’akhlak baek kpd Allah n kpd makhluk. [ketua PRAKS 2007/2008]
“Dalam bahasa Matematika, aqidah yang benar adlah angka 1, amal2 baek adalah angka 0 di belakang angka 1. Angka 0 tsb akan menjadi berarti apabila didahului angka 1.” [Ketua Rohis SMA 4]
Bersahabatlah dengan orang2 yg bertakwa, aGar kau dapat menGgapai ketaKWaan mereka, dan JanganLah u bersahabat dgn orang2 yg rusak hingga kau menjadi binasa seperti mereka.”[Ketua Rohis SMA Hidayatullah]
“Perbanyaklah mengingat penghancur kenikmatan, yaitu kematian!” (HR. Tirmidzi dlm Az-Zuhd) [085640 406 xxx ]
“Seandainya ilmu bisa dicari dengan lamunan saja, niscaya tidak ada di permukaan bumi ini orang yang bodoh”.(085640 159 xxx)
“Manusia yg pandai adaLah manusia yg bisa mengendaLikan hawa nafsunya & ia sLaLu beramaL untuk bekaL kehidupannya seteLah mati.” [Pimred Buletin Al-Izzah SMA 4]
Diposkan oleh Rohis SMA 6 Semarang di 18:33 5 komentar
Posting Lama Beranda
Langgan: Entri (Atom)
Tampilan slide
Arsip Blog

* Juli 2008 (1)
* Juni 2008 (1)

Mengenai Saya

Rohis SMA 6 Semarang
JO SALAH LO, ROHIS SMA 6 SEMARANG ADAAH PUSAT DARI ROHIS-ROHIS DI SEMARANG. Ketua PRKSnya itu namanya RIZAL ketua ROHISnya WAHYU dan ketua Rijalnya FAHMI. ROHIS SMA 6 memiliki Buletin yang berjudul Iltizam yang berpgang teguh pada AL-Haq.

Lihat profil lengkapku

angkasa
angkasa
lebar
Ingatlah
Barang siapa menolong agama Allah, niscaya Allah akan menolongnya. Jadilah anda seorang moslem sepenuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar